Kamis, 27 Januari 2011

KINERJA NTMC

Komisi V DPR Puji Kinerja NTMC Korlantas Polri

 Jakarta – Anggota Komisi V DPR RI, Yudi Widiana Adia memuji kinerja National Traffick Management Center (NTMC) Korlantas Polri, khususnya saat memantau dan menyebarkan informasi kondisi lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Laporan NTMC bermanfaat tidak hanya bagi pengguna jalan, namun juga bagi aparat dalam menyiapkan jalur-jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas.
Penggunaan fasilitas social media networking antara lain twitter dan facebook menurut Yudi merupakan langkah cerdas yang bisa memudahkan pengguna jalan mengakses informasi dan mencari tahu kondisi jalan yang akan mereka lalui. Selain peran media massa khususnya stasisun radio dan TV yang menyiarkan kondisi lalu lintas secara langsung dan real time, ujar Yudi.
“Saya sangat mengapresiasi NTMC Ditlantas Polri dalam menyajikan informasi kondisi lalu lintas bagi publik,” ujar Yudi.
Dukungan teknologi CCTV (Closed Circuit Television) serta aplikasi-aplikasi lainnya seperti GIS, GPS, Internet, SMS, STNK, BPKB, dan SIM merupakan kunci keberhasilan sajian informasi kondisi jalan, ujar Yudi. Seperti diketahui, NTMC memasang 43 CCTV di tempat-tempat strategis mulai dari Bakauheni sampai Gilimanuk. DPR sangat mendukung pemnafaatan teknologi untuk menyajikan informasi penting yang dibutuhkan masyarakat.

Namun demikian, Yudi berharap sosialisasi tentang cara mengakses informasi kondisi lalu lintas harus lebih gencar dilakukan. Mengingat masih banyak pengguna jalan yang memiliki perangkat telepon seluler yang belum memanfaatkan informasi dari NTMC.
Untuk itu diharapkan ada terobosan baru untuk membuka peluang masyarakat luas agar bisa lebih mudah mengakses informasi NTMC ujar Yudi. Bukan hanya bagi pengguna namun juga bagi pengelola lalu lintas agar kemacetan bisa diminimalisir. Yudi menyontohkan kacaunya lalu lintas di DKI Jakarta manakala hujan turun. Ia berharap NTMC bisa memecahkan persoalan kacaunya arus lalu lintas di kota-kota besar khususnya Jakarta saat terjadi gangguan seperti halnya hujan.


AKBP  Heru Trisasono sik msi, sedang memantau sejumlah jalur mudik di National Traffic Management Center (NTMC) Mabes Polri Jakarta.

Sumber   : dari beberapa media


creative   : CJR 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar